Wednesday, 19 November 2014

Metamorfosis pada Manusia(peningkatan kualitas hidup)

Metamorfosis adalah sebuah proses perubahan yang berurutan dari satu tingkat ke tingkat yang lebih baik(sempurna). atau boleh juga di sebut peningkatan kualitas hidup. Metamorfosis kebanyakan dialami oleh hewan jenis serangga dan jenis amfibi tertentu. Semisal pada kupu-kupu dan katak.
Lalu mungkinkah manusia juga mengalami metamorfosis? Bisa jadi iya. Tapi bukan secara fisikis.

Secara tidak sadar manusia mengalami metamorfosis. Tapi bukan secara fisikis. Melainkan dalam hal gaya hidup dan kebutuhannya sebagai makhluk sosial. Gaya hidup yang dimaksudkan disini adalah cara dan model penampilan pribadi seseorang. Seperti: aksesoris, gadget, juga barang pribadi(motor/mobil).

Contoh manusia melakukan metamorfosis dapat kita lihat pada kasus atau pandangan seseorang terhadap gaya hidupnya. Katakanlah gadget sejenis handphone. Di tahun 2000-an kita masih menggunakan handphone non multimedia. Namun memasuki tahun 2009-an handphone multimedia pun menjadi prioritas kaum kelas atas. Lalu muncul jenis smartphone Blackberry, i-phone dan yang paling booming sekarang adalah jenis android. Hampir sebagian besar manusia melakukan pergantian jenis handphonenya mengikuti perkembangan yang ada. Manusia memetamorfosis gaya hidupnya melalui peningkatan kualitaa gadged handphonenya tadi.

Beberapa faktor yang menjadi background dari proses metamorfosis manusia, diantaranya faktor pendorong dan faktor-faktor yang menjadi penyebab manusia melakukan metamorfosisnya.

Biasa manusia dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri sendiri hingga iya bermetamorfosis. Salah satu sifat manusia yg menjadi dalang metamorfosis manusia adalah sifat gengsi. Gengsi di masyarakat akan membuat manusia tuk meningkatkan kualitasnya. Agar ia lebih baik dari orang lain yg ada di lingkungannya. Selain rasa gengsi, sifat buruk manusia umumnya adalah faktor yang mempengaruhi manusia dalam melakukan metamorfosisnya.
Yang kedua adalah perkembangan zaman dan teknologi. Situasi inilah yang paling berpengaruh. Sebab mau tidak mau manusia akan mengikuti perkembangan teknologi.

Adapun faktor pendorongnya adalah;
1. ekonomi. ketersediaan materi yang cukup akan sangat memudahkan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya.
2. Pendidikan. Pendidikan juga punya andil dalam proses ini. Bagaimanapun juga pendidikan sangat bermanfaat dalam hal ini. Namun tidak secara langsung. Sebab pendidikan kadang mampu menjadi faktor penghambat terjadinya metamorfosis manusia ketika hasil pendidikan mampu mengalahkan sifat sifat buruk manusia yg menjadi pengaruh terjadinya metamorfosis manusia tadi.

Hasil dari metamorfosis manusia sendiri tak akan pernah mengalami kesempurnaan(rasa puas) bagi manusia. Sebab semakin banyaknya materi atau harta kekayaan manusia akan semakin menambah minat manusia untuk bermetamorfosis lagi. Jumlah kebutuhan manusia akan semakin bertambah ketika materinya juga semakin bertambah.

Dan proses ini akan terus berkelanjutan sampai manusia mengalami kematiannya.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.