Thursday, 17 January 2013

FC Barcelona Alien of football

Siapa sih yang tidak mengenal club asal Catalan yang satu ini?

Fc Barcelona berdiri pada tanggal 29 November 1899 dengan presidennya yang pertama adalah Joan Gamper. Wara merah dan biru konon dipilih oleh Gamper sebagai warna insial dan juga sebagai warna kostum kebanggaan, karena terinspirasi warna serupa pada kostum klub asal Swiss, Fc Basel.


Di bawah kendali Gamper sebagai presiden, Barcelona berkembang. Gelar pertama direngkuh pada 1902 di ajang Copa Macaya. Namun, setelah menjuarai Campeonato de Cataluña 1905, Barcelona kesulitan meraih gelar. Hingga 1925, Gamper menjadi presiden klub dalam lima periode berbeda. Salah satu pencapaian yang tak dilupakan selama kepemimpinan Gamper adalah kemampuan Barça memiliki stadion sendiri. Pada 1922, Barcelona menempati Las Cortes, yang berkapasitas 22 ribu penonton. Kelak, stadion tersebut berkembang lagi menjadi berkapasitas 60 ribu penonton. Stadion yang digunakan saat ini, Camp Nou, mulai digunakan pada 1957 dan merupakan yang terbesar di Eropa karena sanggup menampung 98.772 penonton.

Periode kejayaan prestasi Barça setidaknya tercatat jelas pada 1950-an dan awal 1990-an. Periode pertama mencakup rezim pemerintahan diktator Jenderal Francisco Franco yang memaksa klub mengubah nama menjadi CF Barcelona. Bersama pelatih Fernando Daucik dan Ladislao Kubala, Barcelona sukses meraih lima gelar berbeda. Sejak 1955, Barcelona memegang rekor impresif karena menjadi satu-satunya klub yang selalu tampil di kejuaraan antarklub Eropa. Pada awal 1990-an, dominasi Barça ditandai dengan era kepelatihan Johan Cruyff, eks pemain dan juga peletak dasar pengembangan bakat pemain muda klub Katalan ini. Cruyff sukses membawa Barça menjuarai gelar Liga Champions pertama pada 1992 dengan menaklukkan Sampdoria, 1-0. Berkat kemenangan itu, Barcelona menjadi salah satu tim yang pernah menjuarai tiga ajang kompetisi antarklub Eropa, setelah sebelumnya pernah menyabet Piala Winners dan Piala UEFA.



Ditahun 2008-2009, Barcelona menuliskan sejarah sepak bola yang menghebohkan pentas sepak bola dunia lewat arsitektur tim yaitu Pep Guardiola. salah satu didikan akademi sepak bola Barcelona yang juga termasuk pemain inti dari skuad Fc Barcelona dibawah kepelatihan Johan Cruyff. 
Di musim 2008-2009 Barcelona sukses menguasai sepak bola Eropa dengan sukses memboyong tiga gelar dan piala. yakni, Copa Del Rey, LA Liga, dan Leagua Champion.


Sejarah masih berlanjut ke musim berikutnya, dengan menjadi Jawara La Liga dalam tiga musim berturut-turut. serta sukses mengangkat Trofi Champion Di Wembley Stadium kala menaklukkan Manchester United dengan skor 3-1. menyusul kemudian trofi Eufa super cup dengan mengalahkan Fc Porto 2-0 serta menjadi club terbaik di dunia dengan membunuh Santos di pentas FIFA Club World Cup yang di selenggarakan di Jepang dengan skor telak 4-0.

 Namun di akhir musim 2011-2012, sang pelatih yang mampu mengoleksi 18 trofi itu memutuskan untuk berhenti berkiprah di dunia kepelatihan sepak bola. dan kursi kepelatihan di serahkan kepada sang asisten Tito Vilanova.









 

Berdiri: 1899
Alamat: Avenida Aristides Maillol 8020 Spain
Telepon: (+34) 93 496 36 00
Faksimile: (+34) 93 496 37 67
Surat Elektronik: atenciosoci@fcbarcelona.com
Laman Resmi: http://www.fcbarcelona.com
Ketua: Sandro Rosell
Direktur: Antoni Rossich
Stadion: Camp Nou, Barcelona

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.