Sunday, 16 December 2012

Perbedaan Gender dan Seks


           PENGERTIAN KONSEP TENTANG GENDER

Istilah gender mulai terkenal dan banyak di bicarakan pada awal sampai pertengahan abad ke-19. Gender adalah suatu istilah yang di gunakan untuk menggambarkan pembedaan antara laki-laki dan perempuan secara sosial maupun cultural. Sebagai contohnya; perempuan dianggap lemah lembut, emosional, keibuan dan sebagainya. Sementara laki-laki dianggap kuat, rasional, perkasa dan sebagainya. Sifat-sifat tersebut  bukan kodrat karena tidak selamanya, namun bisa saja di pertukarkan. Artinya laki-laki bisa saja ada yang emosional, keibuan ataupun lemah lembut, dan perempuan ada juga yang kuat, perkasa dan keayahan.
Gender dan Seks adalah berbeda. Gender lebih membicarakan tentang perilaku dan mental, sedangkan Seks lebih condong pada konsep fisik atau biologis. 

    
        PERBEDAAN ANTARA GENDER DAN SEKS

     Perbedaan diantara keduanya dapat di lihat pada tabel berikut ini:

 
Jenis Kelamin
contoh
Gender
Contoh
Tidak dapat di ubah
Alat kelamin
Dapat di ubah
Peran dalam kegiatan sehari-hari
Tidak dapat di pertukarkan
Jakun pada laki-laki dan payudara pada perempuan
Dapat di pertukarkan
Suami bisa menggantikan peran istri dalam mengasuh anak ataupun memasak di saat istri berhalangan
Berlaku sepanjang masa
Status sebagai laki-laki dan perempuan tidak pernah berubah sampai kita mati
Tergantung kepada kebudayaan
Pada Zaman penjajahan Belanda kaum perempuan tidak mendapatkan hak pendidikan. Tapi setelah kita merdeka, perempuan memiliki kebebasan mengikuti pendidikan
Berlaku dimanapun berada
Dirumah, di kampus ataupun di mana sorang laki-laki tetap laki-laki dan perempuan tetap perempuan
Tergantung pada budaya setempat
Pembatasan kesempatan di bidang pekerjaan terhadap prempuan di karenakan budaya setempat, contohnya perempuan lebih diutamakan untuk menjadi perawat, guru TK dan mengasuh anak
Merupakan kodrat Tuhan
Ciri utama laki-laki berbeda dengan perempuan
Bukan merupakan kodrat Tuhan
Sifat atau mentalitas antara lelaki dengan perempuan bisa saja sama
Ciptaan Tuhan
Perempuan bisa haid, hamil, melahirkan dan menyusui sedangkan laki-laki tidak bisa
Buatan Manusia
Laki-laki danperempuan berhak menjadi calon ketua RT, RW, kepala desa bahkan presiden.


PERMASALAHAN-PERMASALAHAN GENDER

    Dengan adanya perbedaan Gender ini, maka tak lepas dari masalah-masalah dengan adanya perbedaan tersebut. Dan pada posisi ini, justru malah lebih banyak  merugikan bagi kaum perempuan. Berikut beberapa Masalah-masalah perbedaan gender yang bisa saya paparkan.

      1.   Marginalization of woman(Pemiskinan perempuan)

Yaitu pemiskinan terhadap salah satu jenis kelamin karena gender. Dalam hal ini perempuan yang lebih banyak menjadi korban. Contohnya;
                Program revolusi hijau di jawa telah menggeser teknik memanen dengan menggunakan ani-ani sebagai alat memanen padiyang sudah melekat dan di gunakan oleh perempuan dengan sabit.

Marginalisasi perempuan bisa bersumber dari pemerintah, tafsir agama, tradisi, kebiasaan atau bahkan asumsi ilmu pengetahuan. Marginalisasi perempuan tiddak hanya terjadi di tempat kerja, tetapi juga terjadi dalam tingkatan seperti rumah tangga, masyarakat dan Negara.

2.  Subordination

Yaitu memandang perempuan sebagai kaum kedua setelah laki-laki. Hal ini di karenakan adany anggapan bahwa perempuan irasional dalam berpikir dan tidak bisa tampil sebagai pengambil keputusan(pemimpin). Bentuk subordination  akibat perbedaan gender berbeda-beda menurut tempat dan waktu. Contohnya; dahulu ada anggapan bahwa perempuan tak perlu sekolah tinggi-tinggi , karena akhirnya akan kedapur juga. Contoh lainnya;
Bila seorang suami akan mengambil kredit di lembaga perbankan, maka dia bisa mengambil keputusan dengan sendiri, sebaliknya istri harus seizing suaminya.
 
      3.  Gender dan Stereotip

Yaitu: pelabelan pada kaum perempuan, dan hal ini sangatlah merugikan bagi perempuan.
Contohnya: bila perempuan bersolek mencari perhatian kaum lelaki, sehingga bila ada perempuan yang di perkosa, maka yang di salahkan adalah perempuan tersebut. padahal ini bisa saja menjadi salah kaum laki-laki yang memerkosa tadi. 

      4. Gender dan kekerasan

Kekerasan(violence) adalah suatu serangan(assault) baik terhadap fisik ataupun integritas mental psikiologis seseorang. Gender-related-violence atau kekerasan terhadap gender ini di sebabkan karena adanya ketidaksetaraan kekuatan atau kekuasaan dalam masyarakat. Jenis2 kekerasannya seperti:
a.       Pemerkosaan: perbuatan seseorang  untuk memenuhi kebutuhan seksual dengan cara memaksa orang lain tanpa kerelaan yang bersangkutan. Ketidak relaan ini seringkali tidak Nampak karena berbagai factor, seperti ketakutan, malu, terpaksa karena ekonomi, sosial maupun budaya.
b.       Penyiksaan terhadap alat kelamin(genital mutilation), seperti penyunatan alat kelamin anak perempuan dengan tujuan untuk mengontrol perempuan.
c.       Kekerasan dalam bentuk pelacuran(prostitusi).

 
5. Pelecehan seksual

adalah perilaku pendekatan-pendekatan yang terkait dengan seks yang tidak diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks, dan perilaku lainnya yang secara verbal ataupun fisik merujuk pada seks.
Pelecehan seksual dapat terjadi dimana saja baik tempat umum seperti bis, pasar, sekolah, kantor, dan lain sebagainya.


Nah,, Pembaca yang budiman,, mungkin itu saja dulu seputar tentang Perbedaan Gender. harapan saya semoga ada manfaatnya untuk anda.  AMINN,,,,!!!





0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.