Sunday, 4 November 2012

Jenis-Jenis Atheisme (Part I)

           Artikel ini saya tulis bukan dengan tujuan mengajak saudara atau saudari untuk menjadi atau menganut paham atheisme, saya hanya ingin membagikan atau mengeksplorkan dari sedikit pengetahuan yang telah aku miliki. jadi sekali lagi, perlu di ingat, artikel untuk tidak untuk mengajak anda menjadi atheisme.            

Seperti yang kita ketahui bahwa ateisme adalah sebuah paham yang intinya adalah tidak mempercayai tentang keberadaan Tuhan. Atau dengan kata lain pahamnya orang-orang yang tak punya tuhan.
Saya tidak akan banyak berbicara tentang pengertian dari Ateisme itu sendiri, karena inti dari postingan aku kali ini adalah jenis-jenis ateisme . Jenis-jenis ateisme itu seperti:  atheisme materialism, atheisme psikologis, atheisme optimisme, atheisme marxisme, atheism eksistensialisme, dan atheism neo positivism.

1.       Atheisme Materialisme

Atheisme materialisme adalah paham atheisme yang meyakini bahwa sesuatu yang ada adalah berwujud. Sehingga mereka tidak percaya dengan adanya tuhan karena tuhan tidak berwujud. Berwujud yang dimaksudkanadalah bisa di lihat, di raba, di dengar atau lebih spesifiknya dalah bisa di tangkap panca indra.
 Contohnya:
·            angin ada karena bisa di rasakan hembusannya,
·            kursi ada karena bisa dilihat, di raba. Dan lain sebagainya.
Sedangkan kematian dan kehidupan mereka(penganut paham atheism materialism) anggap terjadi begitu saja sesuai dengan hukum alam. Menurut mereka yang mematikan adalah waktu atau masa. Dalam hal ini adalah usia.
Atheisme materialism adalah atheism yang paling tua di dunia. Muncul sekitar abad ke-17 sampai abad ke-19. Dan pernah berkembang di zaman nabi Muhammad saat di utus oleh Allah. Bukti ini di jelaskan di dalam sebuah surah Al-Qur’an. Yaitu surat Al-Jaatsiyah.
Diantara tokoh-tokohnya yang terkenal adalah Karl Vogt dan Lamettra.

KELEMAHANNYA
Pendapat para penganut atheism ini masih lemah. Mereka menganggap bahwa sesuatu yang ada itu pasti berwujud, yaitu bisa di lihat, di raba, di cium, dirasakan.
sehingga mereka berani mengatakan bahwa tuhan itu tak pernah ada karena tidak bisa di lihat, di sentuh, ataupun di dengar suara nya tertawa.
tapi bukankah manusia mempercayai dengan adanya hal semacam; ide atau gagasan? Yang nyata-nyata tidak berwujud, tidak bisa disentuh, diraba .
Contoh lainnya adalah, Sprit. Sprit tidak bisa di raba dan tidak dapat pula dilihat, walau dengan menggunakan apapun. Contohnya lagi,; Waktu, dan hukum. Siapa yang bisa menangkap waktu, atapun hanya untuk melihat waktu berlalu dari hari ke hari.


              2.  Atheisme Psikologis

Mereka para penganut Atheisme ini, menganggap tuhan hanyalah sebagai tempat tumpuan  atas semua yang mereka inginkan/keinginan mereka.
Atheisme ini ada pada pertengahan abad ke-19. Adapun tokohnya adalah Sigmund Freud dan Ludwig Van Feuerbach. Menurut mereka berdua, meyakini tuhan atau bertuhan itu adalah jiwa kekanak-kanakan yang akan dibawa hingga dewasa apabila dibiarkan terus-terusan dan akan mempengaruhi tingkat kedewasaan diri seseorang, seperti kemandirian, dan juga percaya diri. 

Contohnya: sewaktu kita masih kecil, kita tidak bisa mengambil sesuatu yang ada di meja, namun ketika kita melihat ayah atau ibu mengambil benda tersebut untuk kita, maka akan ada rasa kagum terhadapnya. Jadi pendeknya kita menganggap bahwa ayah atau ibu adalah tempat tumpuan kita untuk meraih semua yang kita inginkan. Jadi tuhan tidak ada, yang ada hanyalah ayah atau ibu yang bisa membantu kita. Dan lain sebagainya.
Sementara mereka menganggap agama adalah tak lebih dari hanyalah sebuah cerminan keinginan manusia.

      
.          3. Atheisme Marxisme

Atheisme marxisme adalah jenis atheism yang paling populer di era sekarang. Bahkan atheism ini pernah menjadi ideology Negara Rusia. Dan bahkan sampai merambah ke Indonesia pada tahun 1965. Tentu saja kita tidak akan melupakan peristiwa 30/S PKI. Nah, itulah Atheisme Marxisme yang sejatinya adalah melahirkan Komunisme. Nah ideology ini lah yang pernah menjadi salah satu partai politik di Indonesia, yang tentu saja bertentangan dengan dasar Negara kita, Pancasila.
Atheisme ini di cetuskan oleh Karl Marx. Beliau membangun ideology yang intinya adalah mengingkari adanya tuhan dengan cara menggabungkan Atheisme Materialisme dan atheism Psikology yang sudah lebih dulu di jelaskan diatas.  Beliau memandang Agama sebagai Khayalan atau hiburan manusia yang gagal mendapatkan kesenangan di dunia, gagal membangun surga di dunia.

                 4.  Atheisme Optimisme

Atheisme adalah jenis atheism yang paling lucu menurutku, dan aneh nya lagi yang banyak mempercayainya adalah justru orang –orang yang punya ilmu yang luar biasa.
mereka menganggap bahwa dengan ilmu pengetahuan kita bisa melakukan apa saja, sehingga kita tidak lagi membutuhkan tuhan di era modern ini. 

Misalnya saja , operasi plastik, yang jelas-jelas adalah merubah model atau struktur organ. Nah, dengan keahlian di bidangnya kita bisa merubah apa saja tanpa bantuan tuhan.

Contoh lainnya: seseorang yang menderita keruskan jantung atau bocor. Dengan ilmu bedah jantung kita bisa menggantinya dengan jantung yang sehat, atau mencangkok jantung dari orang lain.
Seperti itulah pemikiran mereka, sehingga mereka tidak mau mengakui lagi dengan adanya  tuhan, mereka menjadikan ilmu pengetahuan sebagai tuhan.
Jenis atheism ini di kembangkan oleh seorang ilmuwan asal Jerman, yaitu Nietzsche.

KELEMAHANNYA
Jika Nietzsche pernah mengatakan bahwa tuhan mati di era yang modern dan serba canggih ini, dan menjadikan ilmu pengetahuan sebagai tuhannya. Maka tidak kah orang-orang yang telah mempercayainya menyadari bahwa Nietzsche telah tiada, alias telah meninggal dunia?
dan yang mematikannya bukan karena kuasa atau tidak di karenakan oleh ilmu pengetahuan, akan tetapi karena ada dzat yang lebih berkuasa atas dirinya dan juga ilmu pengetahuan yang dia agungkan. Yaitu Tuhan.
Dengan ilmu pengetahuan kita tidak bisa mencegah kematian, ketuaan. Karena yang mengatur semua itu tentu saja dia yang paling kuasa yaitu Tuhan.


 Dan mengenai dari dua jenis atheisme yang belum saya jelaskan,  INSYA ALLAH akan saya posting lagi beberapa waktu kedepan, karena masih dalam tahap mempelajari. Takutnya nanti ada yang salah. karena ini adalah masalah yang fatal dan serius.

Thank you very much for understand me,, and more thank for your visiting and your comment

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.